Minggu, 02 November 2014

Nasehat Waktu


Tema kali ini memang sesuatu yang sangat penting ya, kalo di banyak istilah “Waktu adalah uang” or “waktu ibarat pedang “ yang cukup menandakan kalau waktu adalah penting bagi kita. Waktu juga amat penting bagi ibu-ibu art-less dan  bekerja dari Monday to Saturday kayak gw. Gw berusaha banget buat bikin schedule di awal minggu sehingga 7 hari ke depan gw juga lebih leluasa dalam menjalankan hari-hari gw.
Sholat emang adalah pengingat waktu, apalagi waktu dzuhur ya sebagai pengingat waktu makan siang *langsungnutupmuka. Dalam konsep islam menurut Ust yg gw denger kemarin di kajian dhuha masjid Aqobah waktu sholat itu berguna untuk menumbuhkan sikap perhatian terhadap nilai ibadah yang kita lakukan, jadi gak hanya dengan menjalankan kewajiban tapi kita juga harus punya waktu buat mengevaluasi nilai ibadah kita untuk sepenuh-penuhnya mendapatkan kebaikan dunia dan akhirat.
Manfaatkanlah waktu dengan sebaik-baiknya sehingga kita tidak akan menyesal dan memperoleh kerugian. Muslim itu rata-rata tidurnya sedikit jadi tidurlah lebih cepat dan bangunlah lebih pagi untuk menyempatkan diri qiyamul lail. Gw banget nih tidur sedikit, tapi ya dikitlah aktivitas ibadahnya banyakan aktivitas “cari duit” di kantor tugas kantor banyak book, belum pulang harus tugas rumah tangga, pernah tuh semaleman tahajud dna ngaji, eh pagi-pagi dikantor ngantuk nah ini kan gak bener juga nih. Makanya gw sellau bikin schedule, or di sela-sela gw kerja gw ibadah baca alquran kek etc.
Waktu digunakan dalam dua konsep kehidupan yaitu :
1. ibadah kepada Allah
2. berhubungan dengan sesama manusia

jadi harus seimbang, waktu untuk anak istri juga harus khusus, ada waktu untuk keluarga dan menanamkan visi dan misi kita. Naik haji juga loh, harus diperhitungkan jangan menunggu naik haji apabila sudah tua padahal jika ada waktu dan uangnya baiknya disegerakan. Zakat juga ya harus di cek terus jumlah barang emas dll yang seharusnya wajib kita zakatkan . Hutang piutang juga harus diperhatikan harus dicatat kapan dan waktunya untuk dibayar. Waktu untuk memaksimalkan bakti kepada orangtua baik berupa material maupun tenaga juga harus diatur dna di bagi.

Terdapat kisah dimana Abu Hanifa punya murid bernama Abu Yusuf : profesi abu hanifa adalah menjual permadani, murid abu hanifa setiap minggu tidak datang muridnya paling pintar namanya abu yusuf. 3 hari belajar 4 hari cari duit. Sehingga tidak sempurna ilmu yang di dapat sehingga Abu Hanifa memberikan bantuna keuangan agar di hari tertentu yang dia harus mencari uang bias masuk untuk meaksimalkan penyerapan ilmu muridnya itu, diposisi ini berarti ada prioritas yang harus kita pelajari.

Menurut QS Luqman waktu untuk mendidik anak harus disediakan. jangan mengharapkan dari sekolah saja, tambahkan pendidikan bahasa semisal bahasa inggris, bahasa arab, dan bahasa mandarin.

manjemen waktu sholat  tepat waktu sholat untuk tidak masbuk untuk laki laki yg diwajibkan sholat dimasjid, dikeluarga juga harus aware akan waktu sholat pada keluarga dan anak anak kita. 

rasul selalu mengatur waktu perang untuk melebarkan dakwah islam. rasul setiap 3,5 bulan waktunya dipakai untuk perang, jadi kita harus mengatur waktu dakwah juga agar bisa menebar risalah. Ini juga penting ya akhir-akhir ini gw ikut grup he dan potensi dan tugas gw adalah mereview dan bikin tulisan buat di sebarkan dan itu merupakan misi risalah gitu. Konsepnya bagus dan bisa menebarkan kebaikan gitu kan.

Tentu saja yang dekat dengan gw adalah atur waktu dalam mendidik anak, agar dalam kegiatan dan aktivitas bermain dan belajar dengan anak selalu menanamkan pendidikan akhlak dan ibadah. Sehingga aktivitas dakwah, ibadah dan pendidikan anak benar-benar islami dan masuk ke ruh anak-anak kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar