Senin, 14 September 2009

Ada Apa dengan Lebah ?

Bee atau dalam bahasa Indonesia berarti lebah adalah hewan yang sangat istimewa. Selain Bee berarti Pebby (penggilan nama belakangku "bi"...maksa,he3), lebah juga memiliki Banyak sekali keistimewaan. Segala hal yang dilakukan oleh lebah seringkali dapat diambil sebagai pelajaran bagi manusia...Kita jarang memikirkan bahwa bahkan hewan kecil seperti lebah pun terdapat pelajaran yang bisa diambil daripadanya. Apa saja keistimewaan dari lebah? Berikut akan saya tampilkan sedikit mengenai keistimewaan lebah :

Allah memberikan wahyu pada lebah untuk makan dari yang baik-baik
Lebah adalah salah satu binatang yang disebut dalam Al Qur’an yang menerima wahyu dari Allah dan namanya secara langsung disebutkan dalam Al Qur’an, "Dan Tuhanmu mengilhamkan (mewahyukan) kepada lebah, Buatlah sarang di gunung, di pohon2 kayu dan di tempat2 yang dibikin manusia. Ia makan yang bersih, mengeluarkan sesuatu yang bersih, hinggap di tempat yang bersih dan tidak merusak atau mematahkan (yang dihinggapinya)”

Lebah hanya hinggap di tempat-tempat pilihan. Dia sangat jauh berbeda dengan lalat. Serangga yang terakhir amat mudah ditemui di tempat sampah, kotoran, dan tempat-tempat yang berbau busuk. Tapi lebah, ia hanya akan mendatangi bunga-bunga atau buah-buahan atau tempat-tempat bersih lainnya yang mengandung bahan madu atau nektar.

Pelajaran bagi kita adalah bagaimana kita nantinya akan menafkahkan diri dan keluarga kita dari makanan yang halal, baik secara terminologi ataupun secara harfiah, maupun bagaimana cara kita mendapatkan makanan tersebut. Biar sedikit tapi halal :)

Kolektivitas Lebah

Lebah selalu hidup dalam koloni besar, tidak pernah menyendiri. Mereka pun bekerja secara kolektif, dan masing-masing mempunyai tugas sendiri-sendiri. Ketika mereka mendapatkan sumber sari madu, mereka akan memanggil teman-temannya untuk menghisapnya. Demikian pula ketika ada bahaya, seekor lebah akan mengeluarkan feromon (suatu zat kimia yang dikeluarkan oleh binatang tertentu untuk memberi isyarat tertentu) untuk mengudang teman-temannya agar membantu dirinya. Pelajaran bagi manusia adalah bagaimana kita menanamkan rasa saling At Taawun atau saling tolong menolong....

Lebah Cinta Damai

Lebah tidak pernah memulai menyerang. Ia akan menyerang hanya manakala merasa terganggu atau terancam. Dan untuk mempertahankan “kehormatan” umat lebah itu, mereka rela mati dengan melepas sengatnya di tubuh pihak yang diserang. musuh tidak dicari. Tapi jika ada, tidak lari.

Struktur Sarang Lebah
Penelitian dari para ahli arsitektur mengatakan bahwa struktur sarang lebah adalah struktur konstruksi terbaik.

Banyak hal yang bisa dipetik dari sang lebah, Semoga blog ini bisa bermanfaat setidaknya bagi diri saya sendiri. Lebih lanjut mengenai keistimewaan lebah, dapat temen-temen unduh disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar