Rabu, 17 September 2014

Ramadhan 1435 H


Ramadhan kali ini banyak banget keinginan, karena kegagalan dalam mengkhatamkan alquran tahun kemarin, kegagalan tidak ikut itikaf tahun kemarin, rasanya tuh sedihnya sampai disini *tunjukejantungdanhati *edisilebay. Kenapa sih musti lebay ya karena kapan lagi sih kita bisa bermesra-mesraan dengan Allah selama satu bulan bukan gak bilang terus 11 bulannya gak ibadah ya tapi kan beda suasininya itu loh cyiin. 

Tentu saja tantangan paling besar adalah kantor yang tetap pulang seperti biasa, hiks gak ada toleransi untuk pulang lebih cepat gitu kek. Padahal kan mau siap-siap memasak dan edebra edebre lainnya buat kebutuhan di rumah. Tapi mah masa muslimah masalah cemen gini aja kalah gimana yang perang tiap hari tapi masih bisa melaksanakan ibadah dengan paripurna. Gw permudah aja deh makanan dan takjil kalau bisa masak sendiri ya oke kalo gak bisa ya udah deh beli aja napa cyiin.

Kerjaan diselesaikan dengan lebih cepat sehingga siang yang bisa digunakan untuk istirahat sebentar, atau malah di gunakan untuk tilawah dan membaca terjemahannya. Buku-buku islam juga di baca dong jangan sampai terlewat juga. Sebagai seorang Ibu sambil berbuka dan sahur, memperkenalkan kepada Al tentang puasa dan hikmahnya. Ramadhan tahun ini juga gw sama Tomi ngajak Al sholat isya dan tarawih di masjid Al baru 2 tahun 7 bulan tapi sedini mungkin memang harus diperkenalkan dengan ibadah-ibadah ramadhan, bahkan menyesal kenapa karena alasan repot dan takut menganggu jamaah lain ramadhan kemarin-kemarin saya dan Al di rumah saja menjalankan isya dan tarawih sendiri sedangkan Ayah sholat dimasjid. 

Alhamdulillah sebelum habis sebulan berpuasa, gw udah mengkhatamkan alquran bahkan sampai Idul fitri bisa sampai 3 juz. Gw juga bersyukur dalam setengah tahun lebih ini sudah beberapa kali mengkhatamkan alquran terlepas memang rutin One Day One Juz, manajemen waktu gw mulai membaik kualitasnya.

Tentu saja yang paling di tunggu adalah 10 hari terakhir ramadhan, masa ini demikian dinanti-nanti karena komplekku di depan kompeks pusri yang masjidnya al aqobah 1 mengadakan program itikaf. Yang paling kasihan itu tentu suami ya, pekerjaannya selama bulan ramadhan malah makin berat, bahkan pas 10 malam terakhir ini ada rakorda yang menyebabkan pulang malam sekali, keadaan lelahnya menyebabkan dia gak kuat katanya diajak itikaf. Ya gpp deh biar saya sendiri saja, lagian Al juga bisa tidur nyaman di rumah. 

Itikaf yang memang tidak 10 hari full saja jalani itu membuat saya nyaman banget ibadah dimasjid gak kerasa eh sudah sahur, rasanya bahagia sampai menangis terharu, demikian nikmatnya di saat yang lain terlelap kami membaca alquran sahut menyahut, sholat taubat, dan melaksanaan ibadah-ibadah lainnya untuk mengharapkan ridho Allah dan mengejar lailatul qodar, apalagi ibadah-ibadah pas di makkah madinah yah *mendadakpengennaikhajiatauumroh. Gw demikian bersyukur, dipertemukan dengan ramadhan dan bisa itikaf, apalagi kalau melihat banyak yang itikaf dengan keluarga mengajak anak-anaknya tidur dan beritikaf bersama di masjid. Anak –anak itu beribadah, membaca alqurannya masing-masing, beneran pemandangan yang indah banget.

Postingan ini tuh baru sempet dipost sekarang nih, rada-rada gimana gitunya menceritakan ibadah tapi ya blog ini emang gak buat di publikasi ke siapa-siapa lebih kepada selfreminder saja sebagai pengingat untuk lebih semangat lagi di Ramadhan tahun depan.Ya Allah semoga diperkenankan untuk bertemu Ramadhan tahun depan. Aamiin

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar